Recuva IconSuatu hari saya tidak sengaja menghapus file yang ada di flashdiskku. Bete kan-_- trus aku search google aja, cara mengambilkan data yang hilang dari flash disk.

Banyak situs yang membahas cara mengembalikan alias recover data tersebut dengan berbagai macam cara dan software. Tapi, hasil paling memuaskan bagi saya adalah dengan Recuva.

Recuva adalah sebuah program utiliti dari Piriform. Cara kerja recuva adalah memindai file – file yang pernah ada di dalam storage device/ media penyimpanan kita dan kemudian mengembalikannya sesuai dengan keinginan kita.

  • Ikuti perintahnya sesuai dengan keinginan anda dan kemudian, sampailah pada tahap scan
  • Scannya akan memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi dengan mode deep scan

Scanning

  • Ketika file-file hasil scannya sudah muncul, pilih file-file mana saja yang akan direcover, bisa berdasarkan kategori maupun feeling. Karena nama file-nya tidak akan jelas.

  • Dan jika anda beruntung, beberapa preview akan muncul.
  • Klik recover dan pilih tempat dimana file – file anda akan dikembalikan.

Enjoy :D

10 thoughts on “Mengembalikan File yang Hilang Dengan Recuva

  1. Saiful
    December 31, 2011 at 6:47 PM

    Mirip cerita. Daku dulu kehilangan satu folder yg isinya data-data ICT. Tapi karena aku telat nyadar, bagian yg kehapus itu udah ketimpa sama data lain.

    Jadi saran: begitu kamu sadar kehilangan data, stop semua aktifitasmu di komputer. Konsentrasikan hanya untuk Recuva. Hanya untuknya…

    • Dinda Watson
      January 1, 2012 at 11:08 AM

      sayang banget tuh kak-_-

      Bisa dicoba tuh sarannya :)

  2. ghani arasyid
    January 15, 2012 at 11:25 AM

    saya udah pernah nyoba program ini, tapi entah kenapa ga berhasil :(

    • Dinda Watson
      January 22, 2012 at 6:22 AM

      udah mencoba deep scannya?

  3. dinneno
    January 30, 2012 at 3:33 AM

    Info menarik, bisa diterapkan sesekali kalau kena musibah yang sama. Kita gak tau apa yang akan terjadi, terkadang karena gak sengaja ngeklik malah bisa berakibat fatal.

  4. febriosw
    March 8, 2012 at 8:06 PM

    Untuk recovery harddisk bisa tidak ya? Sy coba download dan coba pakai deh. Terimakasih informasinya.

    • Dinda Watson
      March 25, 2012 at 6:46 AM

      yang saya coba sih bisa :)

  5. Blaut
    June 11, 2012 at 12:04 PM

    Sekedar referensi ajah
    bisa juga dengan memakai
    Getdata Back
    untuk info dan cara pemakaiannya bisa
    tanya aja mbah google

  6. Asadi
    July 16, 2012 at 1:43 PM

    online lagi nih lama free

Shout your opinion